Minggu, 17 Juni 2012

Peran mahasiswa dalam membangun bangsa



Dari tema diatas kita pasti dapat membuat banyak sekali tulisan yang baik dan pastinya bagus. Akan tetapi dalam tulisan saya ini masih memerlukan adanya perbaikan disanasininya akan tetapi ada istilah lebih baik mencoba dan salah sehingga bisa menjadi lebih tahu disbanding dengan tidak melalkukan apapun sama sekali. Kalau kita ditanya apa peran andan sebagai mahasiswa dalam membangun bangsamu, pastinya setiap individu memiliki jawaban tersendiri mengenai hal tersebut. akan tetapi biasanya akan menjawab apa peran sebagai mahasiswa adalah belajar dengan sungguh sungguh dan mendapatkan ilmu yangdipelajari dan nantinya bisa menerapkan ilmu yang telah ada sesuai bidang ini jawaban umum akan tetapi peran mahasiswa dalam membangun bangsa tidaklah  harus setelah mendapat ilmu,setelah lulus atau setelah menduduki suatu jabatan ataupun ia memiliki sesuatu yang dengan mudah dapat ia gunakan untuk melakukan peran dalam membangun bangsa.peran mahsiswa dalam melalukan pembangunan bangsa bisa dimulai dari hal terkecil dan dari diri sendiri karena akan susah mengubah orang lain baik kalo kita sendri saja masih kurang baik maka dengan menganalogikan kalimat tadi kita dapat meyimpulkan kalau sebelum mengubah suatu menajdi ebih baik maka ubahlah diri menjadi lebih baik.
Banyak yang akan bertanya bagaimana cara mengubah dirimenjadi lebih baik agar sebagai mahsiswa dapat menerapkan pernananya dalam membangun bangsa. Caranya bisa dibilang susah susah gampang tergantung pribadi masing masing orang. Sehingga diperlukan upaya dan niat dari individulah yang akan menjadi pondasi apakah seorang mahasiswa dapat berperan dalam membangun bangsa.berikut ini adalah cara cara yang bisa dicoba dilakukan dalam mengubah diri sendiri guna bisa merubah bangsa dan membangun bangsa menjadi lebih baik. Cara yang pertama adalah berkata baik dan sopan. Persoalan mengenai bahasa ini sangat penting karena kita akan tahu kepribadian seseorang dangan cara ia berbicaran dan cara ia mengeluarkan pendapat. Sehingga denagan kata lain bahas bisa dikatakan sebagai jendela dari seseorang maka dari itu apabila kita dalam berbahasa dengan bahasa yang baik dan sopan maka kita telah membentuk karakter baik untuk dirikita dan orang lain karena dimanapun kita berada pasti kita akan menemukan bahasa. Biasanya orang lebih mudah mengkap suatu lebih cepat dengan contoh. Contohnya jika kalian pergi kesuatu tempat dan disana kalian ingin berbicara dengan masyarakat yang ada didaerah tersebut  maka kalian akan menggunakan bahasa yang  baik maka meraka pun akan merepon dan merespek bahasa anda dengan yang baik pula dan sebaliknya jika kalian menggunakan bahasa yang jelek maka merekapu akan membalas dengan jelek pula. Nah oleh karena itu mulai dari sekarang cobalah dalam bertutur kata dan berbahsa dengan bahasa yang baik dan sopan.
Cara yang kedua adalah jujur. Jujur berarti kesesuaian antara ucapan, perbuatan dan hati. Secara gampangnya jujur adalah ucapan, tindakan dan hati dalam satu jalur yang sesuai. Kalian semua pasti sering mendengar kata jujur baik secaralangsung mapun tidak langsung. Jujur memang kalu diucapkan mudah akan tetapi dilakukan kadang agak susah karena jika kita sekali berbohong mak kita akan berbohong untuk menutupinya sampai ketahuan kalo bonhong, kalau sampai tidak ketahuan maka akan terus berbohong. Oleh karena susahnya jujur maka kita mulailah sedikit demi sedikit untuk mengurangi berbuav tidak jujur. Kita tahu semua banyak sekali contoh dari perbutan perbuatan yang tidak jujur yang biasanya dilakukan mahasiswa seperti ta (titip absen), nyontek dan tentunya kata tahu sendiri apa saja perbutannya. Perbutan perbutan yang kalian semua tahu itu adalah awal dari halnya kehandcuran bangsa sehingga jikalau kalian inigin menghancurkan bangsa maka lalukanlh tetapi jikalau kalian ingin membangun bangsa agar lebih baik maka kalian usahakan meninggalkan perbuatan tersebut dan berlakukah jujur, jujur bukan hanaya terjadi buat diri sendiri tetapi untuk yang lainya juga.
Cara yang ketiga adalah disiplin . disiplin adalah melaksanakn sesuatu sesuai dengan dan tepat. Disiplin disini yang saya mkasudkan bukanlah disiplin yang over straight tetapi disiplin yang straight dimana kedisplinan ialah salah satu kunci dimana keberhasilan dapat diraih dalam melakukan apapun. Displin disni dapat berupa disiplin waktu, displin dalam belajar dan hal lainya. Dengan adanya displin maka samasaja kita sudah mendapat salha satu kunci kesuksesan dalam semua hal seperti sukses dalam belajar,berorganisasi dan lainya.
Dalam peranan mahasiswa untuk membangun bangsa tidaklah harus dengan hal yang besar tetapi lewat halyang kecil seperti yang diungkapkan diatas yaitu berbahasa baik,jujur dan displin saja kalian sebagai mahsiwa dapat membangun bangsa yang baik. Kadang kita lupa bahwa hal sepele lah yang biasanya menjadi unggul oleh karena itu saran dari saya bagi mahasiswa dalam perannya membangun bangsa maka ia bisa dengan hal yang kecil baik dari diri sendiri , lingkungan dekat, lingkungan yang lebih jau dan bahkan bisa sedunia pun dapat berubah. Ingatlah kenapa nabi Muhammad SAW dapat mengubah dunia karena beliau memilki akhlak yang baik oleh karena itu saya mengajak untuk perbaiki diri dahulu sebelum memperbaiki orang lain. Sekian tulisan ringan ini semoga dapat bermanfaat bagi semua…amin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar