KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN PURBALINGGA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Aqidah-Akhlak
Kelas :
VIII ( delapan )
Semester : Genap
Hari/Tanggal :
Waktu :
90 Menit
Jumlah Soal : 50 butir pilihan ganda
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SILABUS
|
MATERI POKOK
|
JUMLAH SOAL
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
BOBOT SOAL
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
1.
|
3.1.
Memahami hakikat beriman
kepada kitab – kitab Allah Swt.
|
3.1.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab serta suhuf-suhuf Allah swt
|
Beriman kepada
kitab-kitab Allah Swt
|
4
|
-
Menjelaskan pengertian Iman
kepada Kitab-kitab Alloh SWT
-
Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut istilah
-
Menjelaskan pengertian
shuf
-
Menyebutkan
nama-nama Rosul yang menerima suhuf
|
1
2
3
4
|
PG
PG
PG
PG
|
SD
MD
MD
SK
|
|
|
3.2.1. Mengidentifikasi dalil tentang kebenaran adanya kitabAllah Swt
|
|
1
|
-
Menyebutkan dalil naqli danya kitab kitab Alloh Swt
|
5
|
PG
|
SK
|
2.
|
3.2. Memahami
pengertian, contoh dan dampak positif sifat tawakal, ikhtiar, sabar, syukur
dan qanaah.
|
3.2.1. Menjelaskan pengertian tawakal, ikhtiar, sabar, syukur
dan qanaah.
|
Tawakal, ikhtiar, sabar,
syukur daan qonaah
|
2
|
-
Menjelaskan pengertian Tawakal
-
Menjelaskan pengertian Ikhtiar
|
6
7
|
PG
PG
|
SD
SD
|
|
|
3.4.1. menyajikan contoh perilaku terpuji tawakal,
ikhtiar, sabar, syukur, qonaah
|
|
1
|
-
Contoh perilaku sabar
|
8
|
PG
|
SD
|
3.
|
3.3. Memahami pengertian, contoh,dan dampak negatif
sifat ananiah,
putusasa, godhob dan tamak.
|
3.3.1. Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa,
ghodhob dan tamak.
|
Ananiah, putus asa,
Ghodobdan tamak
|
3
|
-
Menyebutkan akibat buruk sikap ananiah.
-
Menyebutkan ciri-ciri sikap
putus asa.
-
Menyebutkan akibat buruk
dari sikap ghodob
|
9
10
11
|
PG
PG
PG
|
SD
SD
SK
|
4.
|
3.4. Memahami adab kepada orang tuadan guru.
|
3.4.1. Menjelaskan
Pengertian
adab kepada
0rang tua
dan guru.
|
Adab kepada orang tua
dan guru.
|
2
|
-
Menyebutkan adab kepada
orang tua.
-
Menjelaskan pengertian
adab kepada guru.
|
12
13
|
PG
PG
|
SD
SD
|
5.
|
3.5. Menganalisis kisah keteladanan NabiYunus
as dan Nabi Ayyub
as.
|
3.5.1. Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.dan
Nabi Ayyub as.
|
Kisah keteladanan Nabi
Yunus a.s.dan Nabi Ayyub as
|
2
|
-
Menyebutkan nama
penduduk yang dihadapi Nabi Yunus a s.
-
Menjelaskan kekhilafan Nabi Yunus didalam berdakwah.
|
14
15
|
PG
PG
|
MD
MD
|
6.
|
3.6. Memahami pengertian dalil dan pentingnya beriman
kepada Rosul Alloh Swt
|
3.6.1. Memaparkan pengertian, dalil dan pentingnya
beriman kepada Rosul Alloh Swt
|
Iman kepada Rosul Alloh
Swt
|
10
|
-
Menyebutkan pengertian
Rosul menurut bahasa
-
Menjelaskan pengertian iman kepada Rosul
-
Menjelaskan pengertian
Rosul menurut istilah
-
Menjelaskan pengertian
sifat wajib Rosul
-
Menjelaskan pengertian
sifat mustakhil Rosul
-
Menjelaskan pengertian
sifat jaiz Rosul
-
Menyebutkan sifat
wajibRosul
-
Menyebutkan sifat
mustahil Rosul
-
Mengartikan salah satu
sifat wajib Rosul
-
Mengartikan salah satu
sifat mustakhil Rosul
|
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
MD
SD
MD
SD
SD
SD
SD
SD
MD
SD
|
|
|
3.6.2. Mengidentifikasi
dalil tentang beriman kepada Rosul Alloh Swt
|
|
1
|
-
Menyebutkan dalil naqli
tentang iman kepada Rosul Alloh Swt
|
26
|
PG
|
SK
|
7.
|
3.7. Memahami pengertian, contoh dan hikmah mu’jizat
serta kejadian luar biasa lainnya
|
3.7.1. Menjelaskan pengertian, contoh dan hikmah mu’jizat
dan kejadian luar biasa lainnya ( karomah, maunah dan irhas)
|
Mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya
|
7
|
-
Menjelaskan pengertian
Mukjizat
-
Menyebutkan macam-macam
mukjizat
-
Menjelaskan
pengertian karomah
-
Menyebutkan dalil naqli
tentang adanya karomah
-
Menjelaskan
pengertian maunah
-
Menyebutkan contoh
mukjizat
-
Menyebutkan hikmah
muklizat
|
27
28
29
30
31
32
33
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
SD
SD
SD
SD
MD SD
SD
|
|
|
3.7.2. Menyebutkan contoh mi’jizat dan kejadian luar
biasa lainnya ( karomah, maunah dan irhas)
|
|
1
|
-
Menyebutkan contoh
karomah
|
34
|
PD
|
MD
|
8.
|
3.8. amuh
ta’awunMemahami pengertian, contoh dan dampak positif husnudhon, tawadhu, tas
|
3.8.1. Menjelaskan pengertian
Husnudlon, tawadhu,
tasamuh
dan ta’awun
|
Husnudlon, tawadhu,
tasamuh dan ta’awun
|
5
|
-
Menjelaskan tasamuh
-
Menjelaskan pengertian
tawadhu
-
Menyebutkan contoh
toleransi
|
35
36
37
|
PG
PG
PG
|
SD
SD
MD
|
|
|
3.8.2. menyebutkan dalil naqli Husnudlon, tawadhu, tasamuh dan ta’awun
|
|
2
|
-
Menyebutkan dalil naqli
tentang tawadhu
-
Menyebutkan dalil naqli
tentang ta’awun
|
38
39
|
PG
PG
|
SK
SK
|
9.
|
3.9. Memahami pengertian,
contoh
dan dampak negatif
hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
|
3.9.1.
Menjelaskan pengertian, contoh
dan dampak negatif
hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
|
Hasad , dendam, ghibah,
fitnah dan namimah
|
8
|
-
Menjelaskan pengertian
Hasad
-
Menyebutkan sebab-sebab
timbulnya sifat hasad
-
Menjelaskan pengertian
fitnah
-
Menyebutkan cara
menghilangkan sifat hasad
-
Menjelaskan pengertian
dendam
-
Menyebutkan sebab-sebab
timbulnya ananiah
-
Menjelaskan pengertian
ananiah
-
Menyebutkan cara
menghindari sifat ananiah
|
40
41
42
43
44
45
46
47
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
SD
SD
MD
SD
SD
SD
SD
SD
|
10.
|
3.10. Memahami
Adab
kepada saudara
dan teman
|
3.10.1. Menjelaskan
adab bergaul dengan
saudara dan teman
|
Adab bergaul dengan
saudara dan teman
|
1
|
-
Menyebutkan adab atau
etika bergaul yang benar
|
48
|
PG
|
SD
|
|
|
3.10.2. Menyebutkan
dalil naqli
adab bergaul dengan
saudara dan teman
|
|
1
|
-
Menyebutkan dalil naqli
adab bergaul dengan
saudara dan teman
|
49
|
PG
|
SK
|
11.
|
3.11. Menghayati kisah keteladanan Shohabat Abu Bakar
Ash-Shidik
|
3.11.1. Mejelaskan sifat
utama
Iman
Shohabat
Abu
Bakar Ash-Shidik
|
Keteguhan Iman Shohabat
Abu Bakar Ash-Shidik
|
|
-
Menyebutkan kelebihan
sifat yang melekat pada diri Shohabat Abu Bakar
|
49
|
PG
|
SD
|
Penyusun
MGMP Aqidah Akhlak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar