Selasa, 08 Mei 2018

Menguji kecepatan Internet Anda

Menguji kecepatan Internet Anda

Uji kecepatan Internet mengukur kecepatan sambungan Internet, termasuk kecepatan download dan upload.
Google berpartner dengan Measurement Lab (M-Lab) untuk melakukan pengujian ini.
Pengujian membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Pengujian ini memberi tahu kecepatan Internet Anda dengan mengukur berapa banyak data yang dapat berpindah melalui sambungan Internet pada saat itu.
Penting: Pengujian tersebut menggunakan jumlah data yang berbeda, tergantung seberapa cepat sambungan Internet dan tempat pengujian dilakukan. Misalnya, pengujian yang pada biasanya dilakukan di AS menggunakan data sebesar 9,4 MB, namun pengujian yang dilakukan di luar AS menggunakan data sebesar 4,4 MB. Biaya data seluler mungkin dikenakan.
Uji kecepatan Internet mengukur kecepatan sambungan Internet untuk mendownload, mengupload, dan latensi. Sambungan Internet yang paling baik memiliki kecepatan download dan upload yang tinggi, tetapi nilai latensinya rendah.
  • Kecepatan download menampilkan seberapa cepat informasi dapat ditransfer kepada Anda. Kecepatan ini memengaruhi hal-hal seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendownload file besar atau menampilkan laman web dengan banyak gambar. Kecepatan download diukur dalam satuan megabit per detik (Mbps). 
  • Kecepatan upload menampilkan seberapa cepat informasi dapat ditransfer dari Anda. Kecepatan ini memengaruhi hal-hal seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeposkan gambar ke media sosial. Kecepatan upload diukur dalam satuan megabit per detik (Mbps).
  • Latensi mengukur seberapa cepat Anda mendapatkan respons dari server. Untuk aplikasi yang dioperasikan dalam waktu nyata, maka waktu respons yang lambat sangatlah pentingi, misalnya untuk video call dan game online. Latensi diukur dalam satuan milidetik (ms).
Catatan: Saat ini, pengujian dapat mengukur kecepatan sambungan Internet hingga 700 Mbps. Jika kecepatan sambungan Internet Anda lebih dari 700 Mbps, hasil yang ditampilkan mungkin lebih rendah dari yang sebenarnya.

Alasan hasil pengujian dapat bervariasi

Hasil uji Anda dapat berubah dalam waktu singkat, dan hasil tersebut dapat berbeda dengan hasil uji kecepatan Internet lainnya. Hasil dapat bervariasi karena berbagai alasan, seperti:
  • Perubahan kondisi jaringan
  • Perbedaan tempat server pengujian
  • Perbedaan metode pengujian
Untuk menjalankan pengujian, alamat IP harus dibagikan dengan M-Lab, tapi tidak akan ada informasi pribadi yang dibagikan. M-Lab menggabungkan hasil uji Anda, termasuk alamat IP, ke kumpulan data performa Internet global. M-Lab membagikan informasi ini secara publik untuk memajukan penelitian Internet.
Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang M-Lab di situs mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar